Jumat, 17 Mei 2013

Limabelas Tahun Reformasi Belum Berhasil Berantas Korupsi

MPR: 15-Tahun Reformasi Belum Berhasil Berantas Korupsi
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim Saifuddin menyatakan selama 15 tahun perjalanan reformasi pemerintah belum berhasil melakukan pemberantasan korupsi.
MPR: Reformasi Belum Berhasil Berantas Korupsi
"Dalam melanjutkan perjalanan reformasi, praktik korupsi harus menjadi musuh bersama yang harus diberantas karena membahayakan masa depan bangsa," kata Lukman Hakim Saifuddin di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.
Pimpinan MPR RI lainnya yang menerima kunjungan delegasi ProDem adalah Taufiq Kiemas, Hajriyanto Y Thohari, dan Melani Leimena Suharli.
Sedangkan, Delegasi ProDem yang dipimpin oleh Adrianto, didampingi antara lain, Syahganda Nainggolan, Sarman, Iwan Sulaiman, Syaroni, Rinjani Dwi Hartini, Topan Huneman, Ricky Handerson, dan Bob Randilawe.
Menurut Lukman, jika mencermati perjalanan reformasi perlu melakukan analisis bahwa selama 15 tahun tersebut tidak semuanya memberikan dampak buruk, tapi ada juga yang baik.
"Sosialisasi program Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang diselenggarakan MPR RI adalah salah satu dari agenda reformasi," katanya.
Sedangkan dampak buruk yang masih terjadi, menurut dia, tidak semua perilaku buruk di masa lalu menjadi hilang, seperti praktik korupsi.
Bahkan, kata dia, pada era reformasi saat ini, praktik korupsi, kolusi, dam nepotisme masih terjadi.
Pada kesempatan tersebut, ProDem yang menyatakan akan mengundang Ketua DPR RI, Taufiq Kiemas untuk membuka kegiatan Testimoni 15 Tahun Reformasi di The Jakarta Theatre Jakarta, pada 21 Mei mendatang.
Menurut Sekretaris Jenderal ProDem Andrianto, ProDem mengundang Taufiq Kiemas sebagai sesepuh pada aktivis yang saat ini menduduki jabatan Ketua MPR RI.
"Kami mengharapkan kesediaan Bang Taufiq sebagai salah satu pelaku sejarah untuk hadir, membuka acara, dan memberikan sambutan," katanya.
Menurut dia, peringatan 15 tahun reformasi ini diselenggarakan sebagai refleksi perjalanan reformasi sejak 1998 hingga saat ini dimana tidak semua agenda reformasi berjalan dengan baik.
Andrianto juga mengingatkan, perjuangan menuju reformasi telah meminta korban sejumlah aktivis dan mahasiswa, jangan sampai pengorbanan tersebut dilupakan begitu saja.
"Kami harapkan apa yang telah dilakukan generasi muda bangsa untuk perjuangan reformasi terus dikenang dikenang dan tetap dapat dilanjutkan," katanya.(tp)

Sumber: http://id.berita.yahoo.com/foto/mpr-reformasi-belum-berhasil-berantas-korupsi-foto-094655082.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar