Rabu, 15 Mei 2013

Absensi Anggota DPR di senayan

Anggota DPR Pembolos Terungkap, BK DPR Panen Protes

M Iqbal - detikNews
Rabu, 15/05/2013 11:21 WIB
Jakarta - Publikasi absensi anggota DPR sebetulnya sudah rutin dilakukan oleh Badan Kehormatan DPR setiap usai rapat. Namun, rupanya setelah absensi itu diketahui masyarakat, BK menuai protes dari internal anggota.

"Ada beberapa yang tanya (setelah absen dipublikasikan)," kata wakil ketua BK Siswono Yudho Husodo, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5/2013).

"Sebetulnya BK bukan merilis, dari dulu juga terbuka. Setiap sidang, pers dan masyarakat bisa lihat siapa yang hadir dan tidak, bukan baru sekarang," lanjutnya.

Siswono menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diluruskan soal anggota yang tak hadir, bahwa tak semua anggota yang absen adalah tanpa keterangan.

"Ketidakhadiran tidak bisa jadi tolak ukur satu-satunya, kalau dengan izin itu bukan suatu pelanggaran. Sakit dengan izin juga buka pelanggaran, kalau nggak ada keterangan baru pelanggaran," ungkapnya.

Siswono merinci, anggota yang izin itu biasanya karena begitu sibuk duduk di beberapa Panja, Pansus dan Komisi, sehingga habis waktu mengorbankan sidang.

"Kedua, sibuk di partai. Mereka bukan karena malas tapi karena sibuk. Ketiga, karena sibuk di luar untuk bisnisnya atau malas, ini yang pelanggaran," ucapnya.

Terhadap anggota DPR yang tak hadir tanpa keterangan itu BK akan memberi peringatan, namun jika sudah 6 kali berurut-turut absen akan diberhentikan dari keanggotaan.

"Pada Undang-undang MD3, anggota dewan yang tak hadir 6 kali berturut-turut diberhentikan dari keanggotaannya," ucapn politisi Golkar itu.

(iqb/van)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar