Senin, 20 Januari 2014

Kerugian banjir Manado mencapai Rp1,87 T


Sejumlah warga membersihkan lumpur rumahnya setelah terendam banjir di Manado, Sulawesi Utara. Foto: Antara/Fiqman Sunandar
Dampak banjir dan longsor di Manado di antaranya merusak rumah, pertanian, dan infrastruktur.

TEMPO.CO, Jakarta -Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan kerugian akibat banjir bandang dan longsor di Sulawesi Utara mencapai Rp 1,87 triliun. Hingga Ahad, 19 Januari 2014 malam, mencana ini telah menewaskan 19 orang di Manado, Tomohon dan Minahasa.
Pengungsi Banjir Manado Mulai Diserang Penyakit
Pengungsi Banjir Manado Mulai Diserang Penyakit
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan banjir dan lonsor mengakibatkan kerusakan rumah, kerusakan fasum, pertanian dan peternakan, kantor, infrastruktur dan sebaginya. Sedikitnya ada 15 ribu jiwa mengungsi. "Pencarian korban longsor di Tomohon masih terus dilakukan," kata Sutopo dalam siaran pers, Ahad 19 Januari 2014 malam.
Bencana terjadi di delapan kabupaten/kota yaitu Kota Manado, Kota Tomohon, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Kep Sangihe dan Kep Sitaro. Sutopo mengatakan TNI menurunkan 1.000 personel untuk membersihkan lumpur.

Sutopo menambahkan pesawat Hercules mengalami gangguan saat ini ada di Balikpapan. Menurutnya bantuan logistik dan peralatan dari BNPB, Kementerian Sosial, dan Kementerian Kesehatan diangkut dengan pesawat Hercules TNI AU sebanyak 5 kali penerbangan. "Kebutuhan mendesak alat untuk membersihkan lumpur, alas tidur, paket kesehatan, pakaian, perlengkapan masak, air bersih," katanya.
Banjir dan longsor di Sulawesi Utara, kata Sutopo, masih berstatus bencana tingkat provinsi. Gubernur Sulawesi Utara memimpin penanganan darurat.
YANDI

Baca kainnya: 
Banjir Sulawesi Utara: 13 Tewas, 40 Ribu Mengungsi
Kalla Tinjau Banjir Manado, SBY Buka Acara di Bali
Kerugian Bencana di Manado Ditaksir Rp 1,8 Triliun
PU Bantu Air Bersih untuk Sulawesi Utara
Tim Evakuasi Longsor Tomohon Lanjutkan Pencarian Korban
BMKG: Banjir Sulut Akibat Anomali Cuaca
Pengungsi Banjir Manado Mulai Diserang Penyakit

Korban Banjir Manado Terharu dengan Lagu Ungu
Cara Korban Banjir Manado Agar Tetap Makan
Kisah Memilukan Gadis Remaja di Banjir Manado


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar